Monday, September 28, 2015

sejarah singkat komputer



                          PENGENALAN KOMPUTER
Kehidupan manusia pada abad ini nampaknya sudah tidak dapat lagi dilepaskan dari teknologi, khususnya Komputer. Bahkan, banyak peralatan berbasis computer saat ini yang umum digunakan dan dimiliki oleh masyarakat,misalnya personal data assistant (PDA), global position system (GPS), mobile computer (desktop, laptop), mobile phone (HP), translator, dan sebagainya. Istilah Komputer berasal dari bahasa latin "computare", yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik. komputer layaknya yang sudah kita kenali adalah sesuatu alat elektronik yang dapat mempunyai banyak fungsi serta dapat lakukan banyak tugas. pada mulanya pada saat perang dunia ke-2 komputer yaitu satu mesin mekanis yang berperan untuk lakukan perhitungan operasi aritmatika. selain itu komputer dapat di definisikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sampai dapat terima data, lalu mengolah data, dan setelah itu bisa membuahkan satu keluaran yang berupa informasi ( input sistem output ).
Generasi-generasi Komputer
Dengan lahirnya ENIAC, dunia memasuki era komputer yang pada saat ini telah memasuki generasi komputer.
Generasi I (1944-1959)
Komputer generasi pertama ini, antara lain:
  • ENIAC
  • EDVAC
  • EDSAC [electronic delayed storage automatic computer]
  • UNIVAC I
Ciri-ciri komputer generasi pertama antara lain:
  1. Komponen dasarnya adalah vacuum tubes atau tabung hampa;
  2. bahasa yang digunakan adalah bahasa mesin;
  3. bentuk fisik besar dengan kapasitas yang relatif kecil, misalnya ENIAC mempunyai bobot 30 ton dengan 18.000 vacum tubes;
  4. memerlukan environment yang khusus karena banyak menghasilkan panas.



Generasi ke-2 (1959-1965)
Mesin komputer generasi kedua antara lain:
  • IBM seri 1400
  • UNIVAC III
  • NCR Seri 304
  • CDC Model 6600 super dan 7600
Ciri-ciri komputer generasi ke-2 adalah:
  1. menggunakan transistor sebagai komponen utama;
  2. bahasa yang dipergunakan adalah bahasa assembly dan fortran;
  3. mulai dipergunakan media magnetic untuk menyimpan data;
  4. ukuran fisik relatif lebih kecil.
Generasi ke-3 (1965-1970)
Mesin komputer generasi ketiga antara lain:
  • IBM sistem 360
  • IBM sistem 3
Ciri-cirinya antara lain:
  1. menggunakan IC (Integrated Circuit) sebagai komponen utama;
  2. program dalam bahasa tingkat tinggi (High level language).
  3. mulai menempatkan konsep operasi Multi processing dan multi programmming.
Generasi ke-4 (1970-1983)
Mesin komputer generasi keempat antara lain:
  • IBM sistem 370
  • Burrough 700
Ciri-cirinya antara lain:
  1. Komponen utamanya adalah LSI (large scale integrated circuit);
  2. program High level language.
  3. kapasitas semakin besar dan bentuk makin kecil;
  4. operating lebih mudah.

Generasi ke-5 (1983 –Sekarang)
Komputer-komputer saat ini merupakan komputer generasi kelima, komponen utamanya adalah VLSI (Veri large scale integration) yang merupakan gabungan dari LSI.
       Sistem Komputer
Tujuan dari system komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informas, dalam mengoperasikan sebuah komputer, terdapat 3 komponen utama yang harus terpenuhi.
1.      Hardware
2.      Software
3.      Brainware
Karena ketiganya ini memiliki peran yang sangat penting. Jika kurang satu saja dari 3 kopmonen ini, maka bisa dipastikan komputer tidak akan pernah bisa di operasikan. Dengan kata lain, ketiga komponen ini tidak bisa dipisahkan, dan memiliki peran yang mengikat. Ketiga komponen yang dimaksud adalah perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), dan juga manusia/pengguna (Brainware). Berikut adalah penjelasan tentang ketiga komponen tersebut.
Ø HARDWARE
Hardware atau perangkat keras merupakan komponen dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba keberadaannya. Apabila tidak ada tidak terdapat perangkat keras dalam sistem komputer, maka tidak akan ada yang dioperasikan. Perangkat keras (Hardware) ini terdiri atas perangkat input/output, perangkat penyimpanan, perangkat pemroses. Masing-masing perangkat tersebut ialah, keyboard, mouse, monitor, hardisk, RAM, CPU, dan lain-lain. Perangkat-perangkat keras tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat difungsikan.
Ø SOFTWARE
Software atau perangkat lunak merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimnegerti oleh komputer. Software inilah yang mengoperasikan perangkat keras yang ada pada komputer. Tanpa adanya software, perangkat keras komputer tidak akan bisa dioperasikan.
Bayangkan saja jika tidak ada software, bagaimana perangkat keras yang ada akan dioperasikan. Dengan adanya software ini, kita dapat meminta komputer untuk melakukan berbagai macam pekerjaan, seperti mengetik, mendengar musik, menonton video, dan lain-lain.
Software utama yang harus ada dalam komputer adalah sistem operasi, baru kemudian sistem operasi tersebut dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi default maupun aplikasi tambahan lainnya jika diperlukan.


Ø BRAINWARE
Brainware merupakan pemakai atau pengguna komputer, dengan kata lain adalah orang yang mengoperasikan perangkat keras komputer melalui software yang ada di komputer tersebut. Secanggih apapun komputer, jika tidak ada pengguna yang mengoperasikan (barinware), maka keberadaan komputer tersebut sama saja sia-sia. Karena komputer tersebut tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dioperasikan oleh pemakainya.
Ketiga komponen diatas, hardware, software, dan brainware memiliki fungsi dan peran yang mengikat atau saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Jika satu komponen saja tidak terpenuhi, maka komputer tersebut tidak akan pernah bisa beroperasi. Karena komputer hanyalah sebuah rangkaian elektronika yang hanya berfungsi jika didukung dengan komponen lainnya, yaitu software dan brainware.
Fungsi Komputer Dan Manfaat Komputer
Komputer pada waktu ini adalah satu keperluan untuk tiap-tiap orang, komputer jadi satu sisi yang mutlak untuk tiap-tiap kehidupan manusia dikarenakan melalui komputer kita dapat lakukan beragam kegiatan pekerjaan hingga jadi lebih mudah serta untuk mempersingkat waktu pekerjaan tersebut. komputer bukan sekedar dipakai oleh orang dewasa saja, tetapi anak-anak lalu juga dapat memakainya, mereka dapat studi sembari bermain. tersebut fungsi-fungsi dari komputer yang kerap digunakan oleh manusia :
1. Komputer pada bidang keamanan
pada bidang keamanan serta pertahanan, komputer adalah satu sisi yang amat mutlak, dikarenakan melalui komputer satu negara bisa memperkuat pertahanannya dari serangan luar, dengan peralatan-peralatan yang canggih satu negara cukup menyerang serta bertahan endalikan komputer
2. Komputer untuk bidang kesehatan
pada masa yang canggih layaknya saat ini ini, pada bidang kesehatan lalu sudah mulai memakai teknologi untuk menambah efektivitas serta efisiensi, salah satunya yaitu pemakaian alat kedokteran yang memakai aplikasi komputer yakni ultra sonografi ( usg ).
3. Komputer sebagai sarana pengontrolan
komputer sebagai alat control untuk pemantauan cctv, tata lampu traffic light, ataupun escalator.  didalam perihal ini komputer sebagai alat control jarak dekat ataupun jarak jauh.
4. Komputer sebagai sarana usaha
karenanya ada komputer, kita bisa buka usaha contohnya usaha percetakan atau sablon, usaha video ubahing, usaha design arsitektur, serta warnet.
5. Komputer sebagai sarana informasi
komputer yang terhubung ke internet dapat bikin kita dapat lebih gampang melacak info, dimulai dari berita politik, perdagangan, travel, referensi untuk pelajar, serta lain sebagainya.
6. Komputer sebagai sarana Untuk komunikasi
gunakan komputer kita dapat mengirim gambar, video, serta audio melewati e-mail, lakukan chatting   dengan seseorang, serta berkomunikasi melewati webcam.
Dengan mengetahui apa itu pengertian komputer serta juga fungsinya didalam beragam bidang kita dapat lebih mengenalnya serta dapat tahu nyatanya komputer dapat juga digunakan untuk satu bidang pekerjaan spesifik. serta sudah pasti buka cakrawala berpikir untuk mendapatkan bidang pekerjaan yang barangkali dapat anda jalani bila pakar di bidang komputer.
Keunggulan komputer
ü  kecepatan – tinggi Komputer adalah perangkat yang sangat cepat. Hal ini mampu melakukan penambahan data yang sangat besar. Komputer memiliki satuan kecepatan dalam mikrodetik, nanodetik dan bahkan picosecond. Hal ini dapat melakukan jutaan perhitungan dalam beberapa detik dibandingkan dengan pria, yang bisa menghabiskan berbulan-bulan untuk melakukan tugas yang sama.
ü  Ketepatan – Selain menjadi sangat cepat, komputer sangat akurat. Komputer bisa melakukan perhitungan dan 100% bebas dari kesalahan. Komputer melakukan semua pekerjaan dengan akurasi 100%.
ü  Kemampuan Penyimpanan – Memori merupakan karakteristik yang sangat penting dari komputer.Komputer memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih dari manusia. Hal ini dapat menyimpan sejumlah besar data. Hal ini dapat menyimpan semua jenis data seperti foto, video, teks, audio dan jenis lainnya.
Kelemahan komputer
ü  Pelanggaran kerahasiaan pribadi
Sesuatu yang penting bahwa catatan pribadi dan rahasia disimpan dalam komputer untuk dilindungi sepatutnya.
ü  Dampak terhadap tenaga kerja
Walaupun komputer meningkatkan produktivitas dan menciptakan ratusan ribu pekerjaan baru di seluruh industri, keahlian dari jutaan pekerja telah digantikan komputer.
ü  Resiko Kesehatan
Penggunaan komputer dalam jangka waktu yang lama atau tidak dengan cara yang benar dapat menimbulkan cedera atau penyakit. Contoh : radiasi komputer, engaruh       layar monitor terhadap mata user, cedera otot tangan dan pundak/leher.
ü  Dampak terhadap lingkungan
            Proses pembuatan dan  limbah dari komputer menghabiskan sumber daya alam dan mencemarkan lingkungan.

DAFTAR PUSTAKA
Kadir, Abdul, Pengenalan komputer, Yogyakarta : Andi set, 2003.
Pawirosumarto, Suharno, 2008, Aplikasi Komputer, Jakarta: Mitra Wacana Media
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It